Rabu, 17 Agustus 2011

SIMPUS WEB MULAI MENJAJAKI BALANGAN





Sebenarnya SIMPUS (Sistem Informasi Manajemen Puskesmas) sudah mulai dikenalkan di Kab. Balangan dari tahun 2009. Adapun SIMPUS yang digunakan adalah SIMPUS yang dikembangkan oleh Bapak Raharjo, ST dkk dari Klaten Jawa Tengah (oleh suatu komunitas lebih dikenal dengan sebutan SIMPUS Jojok, red). Penggunaan SIMPUS telah dilaksanakan oleh seluruh puskesmas se kab. Balangan sejak tahun 2010. Karena penggunaan SIMPUS ini memang terbukti memudahkan pengelolaan data dan laporan kunjungan pasien di puskesmas.

Dalam perkembangannya dari SIMPUS lama atau masih single-user sekarang  sudah menjadi multi-user dengan menggunakan fasilitas internet browser atau lebih keren nya dikenal dengan SIMPUS WEB. Dengan menggunakan jaringan LAN (Local Area Network) SIMPUS Web bisa digunakan oleh banyak pengguna dalam waktu bersamaan. Tentunya lebih memudahkan lagi oleh pengguna SIMPUS, karena selain semua ikut berpartisipasi dalam enty data sehingga lebih meringkas waktu pelayanan pasien, juga pengurangan penggunaan kertas.

Pelatihan dibuka pada hari Senin tanggal 25 Juli 2011, yang dibuka langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Bapak Humam Arifin, SKM., M.Kes. Pelatihan ini di ikuti oleh seluruh Puskesmas Kab. Balangan dengan mengirimkan 2(dua) orang perwakilannya sebagai SIMPUS User.  Namun karena SIMPUS WEB baru digunakan oleh 4 (empat) Puskesmas yaitu Puskesmas Paringin Kota, Lampihong, Juai dan Halong (karena anggaran blm mencukupi,red) maka ke empat Puskesmas tersebut mengirimkan perwakilan 4 orang.

Pada acara pembukaan ini juga dilakukan pengenalan SIMPUS Web kepada SIMPUS User di Kab. Balangan oleh pengembang SIMPUS yaitu Bapak Rahajo,ST.  karena SIMPUS Web ini terbilang masih baru bagi mereka. Pada hari berikutnya yaitu Selasa tanggal 26 Juli 2011, mulai dilakukan peng-instalan aplikasi SIMPUS Web di Puskesmas Paringin sekaligus praktek penggunaannya yang di ikuti seluruh peserta. Untuk Puskesmas yang belum menggunakan SIMPUS Web dilakukan upgrade SIMPUS single user nya. Peserta terlihat sangat antusias dengan pelatihan ini, terlihat dari banyaknya pertanyaan yang dilontarkan oleh peserta terkait praktek yang sedang berlangsung.

Dilanjutkan pada hari Rabu tanggal 27 Juli 2011 Tim SIMPUS Jojok berangkat ke Puskesmas Juai dan Halong untuk melakukan instalasi sekaligus praktek. Hari Kamis berangkat ke Puskesmas Lampihong untuk melakukan hal yang sama, dan hari Jum’at nya kembali ke Puskesmas Paringin untuk pengulangan praktek.

Hambatan yang terjadi pada praktek mungkin cuma sebagian dari pengguna masih ada yang belum lancar menggunakan komputer. Namun dengan seringnya latihan dan penggunaan secara kontinu diharapkan hambatan ini dapat diminimalisir, sehingga tujuan awal dari penggunaan SIMPUS ini dapat tercapai dengan baik. Tentunya dengan komitmen bersama dan kesadaran serta keinginan untuk maju dijunjung dengan baik, maka segala kendala dapat dijadikan sebuah tantangan dan bisa diselesaikan bersama-sama.


Sumber : Bidang Promkes. Dinas Kesehatan Kab. Balangan 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar